Categories
Agraria

Media Tanam Super Humatani Grow

Tanah pertanian di dunia ini sesungguhnya sedang sakit. “Tanah sakit itu intinya krisis karbon. Kalau sekarang b anyak pakai pupuk urea atau NPK, ke depan pupuk karbon sangat diperlukan,” kata Lisminto, Direktur Pene litian dan Pengembangan PT Humat Agro Lestari, produsen Humatani (asam humat) dan Humatani Grow (media tanam diperkaya asam humat) itu.

Mengapa? Karbon organik di dalam tanah, menurut Bayu Apriyanto, san-gat diperlukan sebagai “ma kanan” mikroorganis me. Akibatnya, pada tanah yang sakit, menur ut Staf Pe nelitian dan Pe ngembangan PT Humat Agro Lestari, itu kekurangan mi kro organisme. Mikroorganisme yang semestinya dapat meng-hasilkan unsur hara di dalam tanah, menjadi minim atau bahkan tidak ada. Dengan demikian, tanah menjadi kurang subur.

“Eksosistem tanah menjadi ter-ganggu,” jelasnya. Untuk menyehatkan tanah yang sa kit, misalnya sawah, memerlukan pupuk organik sekitar 10-20 ton per hektar per tahun. “Kalau kita mena ngani 10-20 ton pupuk organik itu berat. Apalagi di lahan yang sulit dijangkau den-gan kendaraan,” urai Lisminto, Rabu, 30 Januari lalu, di Jakarta. Karena itu, untuk menye-hatkan tanah sakit dapat menggunakan asam hu mat yang secara awam dikenal sebagai pupuk kar-bon.

“Bayangkan 20 ton pupuk organik itu dapat diganti dengan 60 kg asam humat. Asam humat itu intisari pupuk organik. Jadi kita menambahkan organik dengan jumlah yang lebih sedikit,” cetus alumnus Program Studi Kimia ITB Bandung itu.

Juara Lomba Ur-ban Farming

Selain memproduksi asam humat Humatani, PT Humat Agro Lestari juga memproduksi media tanam Humatani Grow, yang di perkaya dengan asam humat Hu matani. “Humatani Grow ini memang kita buat untuk urban farm-ing,” kata Bayu. “Humatani Grow ini cocok untuk rooftop farming,” ujar A.M. Cahyadi Kurniawan, Penyelia Pe nelitian PT Humat Agro Lestari.

Humatani Grow ini terbuat dari ba han-bahan organik yang bermutu. “Kami belajar membuat Humatani Grow ini dari luar negeri, Fin landia. Kita atur se mua komposisi bahan-bahan organiknya. Kelebihan Humatani Grow, diperkaya asam humat Humatani. Ha silnya sangat bagus untuk media tanam,” papar Bayu.

Untuk mengguna kan Humatani Grow ini dapat dicampur dengan tanah biasa dengan perbandingan satu Humatani dan satu tanah biasa atau satu Humatani dan dua tanah biasa. “Hu matani Grow ini kan ringan maka dicam-pur dengan tanah biasa sebagai perekatnya,” kata Bayu.

Karena Humatani Grow ini ringan, maka me dia tanam ini memang cocok untuk urban farming di gedung-gedung perkantoran. Tanaman yang ditanam dengan menggunakan media tanam Humatani Grow ini pertumbuhannya sangat bagus. Apalagi tanaman di pot-pot de ngan media tanam Humatani Grow disemprot dengan asam humat Humatani.

“Kami pernah menanam bawang merah Tuk Tuk dari PT East West Seed Indonesia. Hasilnya bagus sekali. Kami juara satu lomba urban farming dari East West Seed,” kata Bayu.